HAR Personal Notes

Monday, October 01, 2007

Zheng He (1371-1433), Chinese Muslim Admiral

Ada 2 sosok orang, yang karena sesuatu dan lain hal, sangat saya kagumi. Dari kisah 2 orang ini saya dapat mengambil hikmah beberapa management point sbb:

1. Admiral Zheng He atau Laksamana Cheng Ho (Management point: Leadership, Amanah)
2. Genghis Khan (Management point: Tegas, Agresif, Smart, Speedy, Simple)

Berikut saya kutip sebagian ringkasan kisah Laksamana Cheng Ho yang saya ambil dari web-site http://www.islamfortoday.com/


Zheng He (1371-1433), the Chinese Muslim Admiral

Through his seven voyages of discovery to the West, Zheng He helped transform China into the superpower of his time.

Little did the famous Muslim geographer, Ibn Battuta know, that about 22 years after his historic visit to China, the Mongol Dynasty (called the Yuan Dynasty in China) would be overthrown. The Ming Dynasty (1368 - 1644) would begin. A Muslim boy would help a Chinese prince. That prince would become emperor and the boy would grow up to be the "Admiral of the Chinese Fleet."
His name... Zheng He. The ships that he would sail throughout the Indian Ocean would retrace some of the same routes taken by Ibn Battuta, but he would be in huge boats called "junks". He would go to East Africa, Makkah, Persian Gulf, and throughout the Indian Ocean.
Speak of the world's first navigators and the names Christopher Columbus or Vasco da Gama flash through a Western mind. Little known are the remarkable feats that a Chinese Muslim Zheng He (1371-1433) had accomplished decades before the two European adventurers.
The Foundation for Science Technology and Civilisation retraces the route of China’s 15th century admiral, Zheng He, who ranks as perhaps the country’s foremost adventurer. A Muslim and a warrior, Zheng He helped transform China into the region’s, and perhaps the world’s, superpower of his time.
In 1405, Zheng was chosen to lead the biggest naval expedition in history up to that time. Over the next 28 years (1405-1433), he commanded seven fleets that visited 37 countries, through Southeast Asia to faraway Africa and Arabia. In those years, China had by far the biggest ships of the time. In 1420 the Ming navy dwarfed the combined navies of Europe.
Ma He, as he was originally known, was born in 1371 to a poor ethnic Hui (Chinese Muslims) family inYunnan Province, Southwest China. The boy's grandfather and father once made an overland pilgrimage to Makkah. Their travels contributed much to young Ma's education. He grew up speaking Arabic and Chinese, leaming much about the world to the west and its geography and customs.
Recruited as a promising servant for the Imperial household at the age of ten, Ma was assigned two years later to the retinue of the then Duke Yan, who would later usurp the throne as the emperor Yong Le. Ma accompanied the Duke on a series of successful military campaigns and played a crucial role in the capture of Nanjing, then the capital. Ma was thus awarded the supreme command of the Imperial Household Agency and was given the surname Zheng.
Emperor Yong Le tried to boost his damaged prestige as a usurper by a display of China's might abroad, sending spectacular fleets on great voyages and by bringing foreign ambassadors to his court. He also put foreign trade under a strict Imperial monopoly by taking control from overseas Chinese merchants. Command of the fleet was given to his favorite Zheng He, an impressive figure said to be over eight feet tall.
A great fleet of big ships, with nine masts and manned by 500 men, each set sail in July 1405, half a century before Columbus's voyage to America. There were great treasure ships over 300-feet long and 150-feet wide, the biggest being 440-feet long and 186-across, capable of carrying 1,000 passengers. Most of the ships were built at the Dragon Bay shipyard near Nanjing, the remains of which can still be seen today.
Zheng He's first fleet included 27,870 men on 317 ships, including sailors, clerks, interpreters, soldiers, artisans, medical men and meteorologists. On board were large quantities of cargo including silk goods, porcelain, gold and silverware, copper utensils, iron implements and cotton goods. The fleet sailed along China's coast to Champa close to Vietnam and, after crossing the South China Sea, visited Java, Sumatra and reached Sri Lanka by passing through the Strait of Malacca. On the way back it sailed along the west coast of India and returned home in 1407. Envoys from Calicut in India and several countries in Asia and the Middle East also boarded the ships to pay visits to China. Zheng He's second and third voyages taken shortly after, followed roughly the same route.
In the fall of 1413, Zheng He set out with 30,000 men to Arabia on his fourth and most ambitious voyage. From Hormuz he coasted around the Arabian boot to Aden at the mouth of the Red Sea. The arrival of the fleet caused a sensation in the region, and 19 countries sent ambassadors to board Zheng He's ships with gifts for Emperor Yong Le.
In 1417, after two years in Nanjing and touring other cities, the foreign envoys were escorted home by Zheng He. On this trip, he sailed down the east coast of Africa, stopping at Mogadishu, Matindi, Mombassa and Zanzibar and may have reached Mozambique. The sixth voyage in 1421 also went to the African coast.
Emperor Yong Le died in 1424 shortly after Zheng He's return. Yet, in 1430 the admiral was sent on a final seventh voyage. Now 60 years old, Zheng He revisited the Persian Gulf, the Red Sea and Africa and died on his way back in 1433 in India.

Zheng He's Junks

Zheng He's flag "treasure ship" was four hundred feet long - much larger than Columbus's. In this drawing, the two flagships are superimposed to give a clear idea of the relative size of these two ships. Columbus's ship St. Maria was only 85 feet long whilst Zheng He's flag ship was an astonishing 400 feet.
Imagine six centuries ago, a mighty armada of Zheng He's ships crossing the China Sea, then venturing west to Ceylon, Arabia, and East Africa. The fleet consisting of giant nine-masted junks, escorted by dozens of supply ships, water tankers, transports for cavalry horses, and patrol boats. The armada's crew totaling more than 27,000 sailors and soldiers.
Loaded with Chinese silk and porcelain, the junks visited ports around the Indian Ocean. Here, Arab and African merchants exchanged the spices, ivory, medicines, rare woods, and pearls so eagerly sought by the Chinese imperial court.
Seven times, from 1405 to 1433, the treasure fleets set off for the unknown. These seven great expeditions brought a vast web of trading links -- from Taiwan to the Persian Gulf -- under Zheng He's imperial control. This took place half a century before the first Europeans, rounding the tip of Africa in frail Portuguese caravels, 'discovered' the Indian Ocean.

His humble tomb

Zheng He (1371-1433), or Cheng Ho, is arguably China's most famous navigator. Starting from the beginning of the 15th Century, he traveled to the West seven times. For 28 years, he traveled more than 50,000 km and visited over 37 countries, including Singapore. Zheng He died in the tenth year of the reign of the Ming emperor Xuande (1433) and was buried in the southern outskirts of Bull's Head Hill (Niushou) in Nanjing.
In 1983, during the 580th anniversary of Zheng He's voyage, his tomb was restored. The new tomb was built on the site of the original tomb and reconstructed according to the customs of Islamic teachings.
At the entrance to the tomb is a Ming-style structure, which houses the memorial hall. Inside are paintings of the man himself and his navigation maps. To get to the tomb, there are newly laid stone platforms and steps. The stairway consists of 28 stone steps divided into four sections with each section having seven steps. This represents Zheng He's seven journeys to the West. Inscribed on top of the tomb are the Arabic words "Allahu Akbar (God is Great)".

Tuesday, June 12, 2007

Commercial Management Team

PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia

Pizza Marzano, 3-Jan-2007

Left-Right: Damai, Triyanti, Annie, Suryani, Intan & Hardi

Pesenannya p' Adi, nyam...nyam...nyammm


Si Tante mau di "poto" pake tersipu-sipu segala

Wednesday, February 16, 2005

Nelayan Jepang

Orang Jepang sejak lama menyukai ikan segar. Tetapi tidak banyak ikan yang tersedia di perairan yang dekat dengan Jepang dalam beberapa dekade ini. Jadi untuk memberi makan populasi Jepang, kapal-kapal penangkap ikan bertambah lebih besar dari sebelumnya. Semakin jauh para nelayan pergi, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk membawa hasil tangkapan itu ke daratan. Jika perjalanan pulang mencapai beberapa hari, ikan tersebut tidak
segar lagi. Orang Jepang tidak menyukai rasanya.

Untuk mengatasi masalah ini, perusahaan perikanan memasang freezer di kapal mereka. Mereka akan menangkap ikan dan langsung membekukannya di laut. Freezer memungkinkan kapal-kapal nelayan untuk pergi semakin jauh dan lama. Namun, orang Jepang dapat merasakan perbedaan rasa antara ikan segar dan beku, dan mereka tidak menyukai ikan beku. Ikan beku harganya menjadi lebih murah. Sehingga perusahaan perikanan memasang tangki-tangki penyimpan ikan di kapal mereka. Para nelayan akan menangkap ikan dan langsung menjejalkannya ke dalam tangki hingga berdempet-dempetan. Setelah selama beberapa saat saling bertabrakan, ikan-ikan tersebut berhenti bergerak. Mereka kelelahan dan lemas, tetapi tetap hidup. Namun, orang Jepang masih tetap dapat merasakan perbedaannya. Karena ikan tadi tidak bergerak selama berhari-hari, mereka kehilangan rasa ikan segarnya. Orang Jepang menghendaki rasa ikan segar yang lincah, bukan ikan yang lemas.

Bagaimanakah perusahaan perikanan Jepang mengatasi masalah ini?
Bagaimana mereka membawa ikan dengan rasa segar ke Jepang? Jika anda menjadi konsultan bagi industri perikanan, apakah yang anda rekomendasikan? RENUNGKAN...

Begitu anda mencapai tujuan-tujuan anda, seperti mendapatkan jodoh - memulai perusahaan yang sukses - membayar hutang-hutang anda - atau apapun, anda dapat kehilangan gairah anda. Anda tidak perlu bekerja demikian keras sehingga anda bersantai. Anda mengalami masalah yang sama dengan para pemenang lotere yang menghabiskan uang mereka, pewaris kekayaan yang tidak pernah tumbuh dewasa, dan para ibu rumah tangga jemu yang kecanduan obat-obatan resep. Seperti masalah ikan di Jepang tadi, solusi terbaiknya sederhana. Hal ini diamati oleh L. Ron Hubbard di awal 1950-an. "Orang berkembang, anehnya, hanya dalam kondisi lingkungan yang menantang" -L. Ron Hubbard. Keuntungan dari sebuah Tantangan: Semakin cerdas, tabah dan kompeten diri anda, semakin anda menikmati masalah yang rumit. Jika takarannya pas, dan anda terus menaklukan tantangan tersebut, anda akan bahagia. Anda akan memikirkan tantangan-tantangan tersebut dan merasa bersemangat. Anda tertarik untuk mencoba solusi-solusi baru. Anda senang. Anda hidup!

Bagaimana Ikan Jepang Tetap Segar? Untuk menjaga agar rasa ikan tersebut tetap segar, perusahaan perikanan Jepang tetap menyimpan ikan di dalam tangki. Tetapi kini mereka memasukkan seekor ikan hiu kecil ke dalam masing-masing tangki. Memang ikan hiu memakan sedikit ikan, tetapi kebanyakan ikan sampai dalam kondisi yang sangat hidup. Ikan-ikan tersebut tertantang.

Renungan : Jangan menghindari tantangan, melompatlah ke dalamnya dan taklukanlah. Nikmatilah permainannya. Jika tantangan anda terlalu besar atau terlalu banyak, jangan menyerah. Kegagalan jangan membuat anda lelah, sebaliknya, atur kembali strategi. Temukanlah lebih banyak keteguhan, pengetahuan, dan bantuan. Jika anda telah mencapai tujuan anda, rencanakanlah tujuan yang lebih besar lagi.Begitu kebutuhan pribadi atau keluarga anda terpenuhi, berpindahlah ke tujuan untuk kelompok anda, masyarakat, bahkan umat manusia. Jangan ciptakan kesuksesan dan tidur di dalamnya. Anda memiliki sumber daya, keahlian, dan kemampuan untuk membuat perubahan. Jadi, masukkanlah seekor ikan hiu di tangki anda dan lihat seberapa jauh yang dapat anda lakukan dan capai !

Tuesday, February 15, 2005

[Thought] Aduuh...jadi ngerepotin nih.

Sering saya mendengar ungkapan "sopan" diatas. Menurut orang tua saya sih, begitulah cara orang timur menyampaikan isi hati dan empatinya secara tersirat.

Kalo saya pikir malah sebaliknya, itu melanggar HAM dan menekan kebebasan berekspresi seseorang. Malah cenderung memaksa seseorang untuk berperilaku tidak asli, lips service. Lho kok bisa begitu?

Iya memang benar begitu.
Coba bayangkan kalau anda menerima ungkapan dengan nada seperti itu :
"Aduuuh....jadi ngerepotin nih udah nganter kemana-mana".
"Duuh...jadi ngerepotin udah musti nyiapin minuman segala".
"Duuh...saya jadi gak enak nih udah terus-terusan ngerepotin kamu".
Nah lho, kita harus jawab apa kalo ada pernyataan yang ditujukan kita seperti ini.
Apalagi mengingat kita harus tetap menjaga tali persaudaraan, tali silaturahim, dan tali-tali lainnya.

Dengan pernyataan seperti itu, menurut adat timur adalah tidak sopan jika kita menimpalinya dengan ungkapan : "Iya nih emang ngerepotin, sebenernya saya lagi sibuk lho" (kecuali dalam konteks bercanda dengan kerabat/teman dekat). Juga tidak mungkin kita bilang : "Iya deh, untuk kali ini gak apa-apa ngerepotin, lain kali liat-liat waktu ya". Bisa bubar tali silaturahim ini.

Pada dasarnya, dengan mengeluarkan 'pernyataan' seperti diatas, si empunya 'pernyataan' pasti mengharapkan jawaban yang ketimuran seperti ini: "Gak apa-apa kok, saya gak merasa direpotin" (padahal bisa saja sebenarnya memang nge-repotin).
Inilah yang saya maksud menekan kebebasan berekspresi seseorang. Kita seperti dipaksa untuk mengeluarkan pernyataan untuk menyenangkan dan menenangkan hati orang lain itu.

Akhirnya, lengkaplah basa-basi yang tidak perlu itu. Basa-basi yang tidak konstruktif.

Akan lebih baik kita "To the point" saja.
Misal : "Terima kasih banyak atas bantuannya ya"
Ini ungkapan apresiasi yang menurut saya jauh lebih baik. Tanpa harus memaksa 'pemberi' bantuan" untuk mengungkapkan "Gak kok, gak merepotkan saya".

Untuk itu, ubahlah kebiasaan anda dalam mengungkapkan isi hati dengan cara-cara yang lebih etis dan tidak menekan kebebasan berekspresi seseorang. Biasakanlah mengungkapkan isi hati secara natural tanpa polesan sana-sini dan tanpa basa-basi, tetapi harus dalam koridor tata-krama yang baik.

Bekasi, 15-Feb-2005

Tuesday, February 08, 2005

[Thought] KOTORnya!! Masjid Istiqlal

Ahad, 6 Feb. 2005 siang, setelah pulang dari Glodok untuk membeli beberapa perlengkapan komputer dan game PS2, saya niatkan untuk sholat Dzuhur di Masjid Istiqlal. Masjid yang konon terbesar di Asia Tenggara. Masjid "maskot" andalan Ibukota negara ini.

Alangkah terkejutnya saya, begitu memasuki pintu gerbang Masjid yang megah ini, terlihat ceceran sampah bertebaran dimana-mana, ada kantong plastik, kulit pisang, kemasan air mineral, nasi, sisa gado-gado, kertas koran, tumpahan air, dll. Mulai dari pintu gerbang, halaman masjid dan tempat parkir berubah menjadi seperti Tempat Pembuangan Sampah. Sayang sekali saya tidak membawa Camera Digital untuk mengabadikan seberapa parahnya kondisi halaman masjid saat itu, sekaligus menggambarkan seberapa "Bobrok-nya" disiplin orang-orang yang baru saja menempati tempat tersebut. Seandainya hanya 2-3 sisa bungkus permen, masih bisa saya ambil untuk dibuang ditempat sampah yang sebenarnya. Tetapi saya pikir 2 gerobak sampahpun tidak akan cukup, perlu 2 truk sampah dan puluhan petugas kebersihan!!

Saya bertanya kepada petugas parkir : "Pak, abis ada acara apaan? Keliatannya abis rame-rame?". Jawab petugas: "Ooo...abis ada acara Zikir Akbar mas"
Ternyata hari Ahad, 6 Feb. 2005 itu, sejak jam 08:00 - 12:00 diadakan acara "Dzikir Akbar 1 Muharram" bersama Ustadz Muhammad Arifin Ilham yang kondang itu.

Saya tidak habis pikir, apa yang ada dibenak para pembuang sampah itu? apa yang ada dipikiran orang-orang yang diberi ijin berjualan di area masjid?
Tega-teganya mereka mengotori Masjid. Ya benar, saya katakan MENGOTORI MASJID!!!
Apakah halaman dan pintu gerbang bukan termasuk masjid?
Anda pasti bisa merasakan bagaimana image orang asing apabila memasuki Bandara Sukarno-Hatta yang merupakan pintu gerbang negara kita ini, dan melihat sampah seperti yang terjadi di Masjid Istiqlal itu. Pasti imagenya akan negatif bukan?
Siapa yang salah?
Orang yang berbelanja-kah?
Orang yang berjualan-kah? (kalau 'gak' boleh jualan disana nanti mereka demo, nanti dibilang menindas rakyat kecil)
Ust. M. Arifin Ilham-kah? (yang telah menarik banyak orang untuk berdatangan ke Masjid)
Pengelola/DKM-kah? (yang tidak tegas menindak dan men-disiplinkan pengunjung)
Panitia acara Dzikir Akbar-kah? (yang tidak bisa mengantisipasi akan ada kejadian luar biasa itu)
Atau memang sudah biasa terjadi seperti itu, manakala ada acara pengajian, dzikir atau ceramah, masjid Istiqlal pasti akan dikotori dengan sampah yang berserakan dimana-mana.
Kalau tidak percaya, saya persilahkan datang pada acara pengajian berikutnya di masjid Istiqlal. Kecuali DKM sudah berfungsi optimal, orang yang berjualan sudah tertib, pembeli dan pengunjung sudah sadar akan pentingnya kebersihan.

Inilah 'PR' kita bersama untuk meningkatkan kualitas disiplin penduduk negeri ini, tidak usah menunggu generasi mendatang, mulailah dari sekarang seperti yang sering dikatakan oleh Aa' Gym. Tetapi memang susah mengajar disiplin orang yang sudah 'beubeul' tanpa diberi 'punishment', lebih gampang menanamkan disiplin kepada anak-anak kita yang masih sekolah.
Untuk mempersiapkan generasi mendatang yang lebih baik, mulailah menanamkan disiplin dari lingkungan rumah dan sekolah kepada anak-anak kita. Pengajaran yang baik adalah dengan memberikan contoh/teladan secara langsung.

Itu baru dipintu gerbang, masuk kedalam .....Hhhhhhh....saya 'enggak' bisa berkomentar lagi deh. Nanti dikira menjelek-jelekan masjid sendiri. Nanti ada yang bilang: "Kalo anda bisa, coba anda urus masjid ini !!"

Selesai sholat saya keluar, tepat didepan saya terlihat Gereja Kathedral. Rapih, tertib dan bersih sekali. Padahal pintu gerbang kedua tempat beribadah ini hanya dipisahkan oleh sebuah jalan yang lebarnya tidak lebih dari 20 meter.

Mengapa bisa berbeda?

Menurut saya, yang pertama harus dibenahi adalah 'management'-nya, 'system pengelolaan'-nya. Harus dibuat agar memaksa pengunjung untuk berdisiplin. Saat ini, pengunjung dan orang-orang yang berjualan disana tidak takut membuang sampah di masjid.

Mohon maaf, Ustadz M. Arifin Ilham......Aa' Gym......tolong sekali lagi ajarkan kepada umat ini agar bisa berdisiplin dan menjaga kebersihan, tolong adakan inspeksi di halaman masjid setelah pengajian selesai dan lakukan pengarahan dan pembinaan kepada pengelola masjid. Saya tidak mempunyai 'power' untuk melakukan hal itu. Omongan saya di halaman masjid pasti tidak akan didengar oleh mereka.

Masjid Istiqlal Jakarta, 6 Feb. 2005

Monday, February 07, 2005

[Health] Penyebab terjadinya Pingsan

Pernah gak anda merasa seperti akan pingsan?
Silahkan baca artikel yang saya kutip di bawah ini.
Untuk mengetahui lebih banyak tentang penyebab-penyebab pingsan.


Source: "Terapi", Majalah Intisari No. 402/Desember 1996

Pernahkah saat Anda berdiri mengikuti upacara di lapangan atau sedang menghadiri resepsi resmi, mendadak terasa jantung berdebar-debar, degupnya jantung kencang, disusul kepala serasa ringan serta badan lemas, keringat dingin, pandangan berkunang-kunang dan akhirnya gelap lalu jatuh pingsan!
Penyebab kejadian seperti itu bisa saja karena jantung kita kurang beres, tapi bisa juga karena faktor luar. Apalagi kalau kita tidak mempunyai riwayat kelainan jantung ataupun faktor risiko penyakit jantung dan usia relatif masih muda.

Sebagian besar kasus pingsan yang bukan karena kelainan jantung (sinkop non-kardik) menurut para ahli, lebih disebabkan karena terkena hipersensitivitas vagus. Vagus adalah saraf otak kesepuluh yang mensarafi organ bagian dalam tubuh dan sangat berpengaruh terhadap frekuensi detak jantung.
Salah satu pencerminan hipersensitivitas vagus dikenal sebagai sinkop vasovagal (berkaitan dengan pembuluh darah dan nervus vagus) dan vasodepresif. Ini terjadi karena timbulnya ketidakseimbangan refleks saraf otonom dalam bereaksi terhadap posisi berdiri yang berkepanjangan. Berawal dari kecenderungan terkumpulnya sebagian darah dalam pembuluh vena bawah akibat gravitasi bumi, hal ini menyebabkan jumlah darah yang kembali ke jantung berkurang sehingga curah ke jantung serta tekanan darah sistoliknya menurun. Guna mengatasi penurunan tersebut, otomatis timbul refleks kompensasi normal, berupa bertambahnya frekuensi dan kekuatan kontraksi jantung, dengan tujuan mengembalikan curah ke jantung ke tingkat semula.
Pada seseorang yang hipersensitif, bertambahnya kekuatan kontraksi ini justru mengaktifkan reseptor mekanik yang ada pada dinding bilik jantung kiri sehingga timbul refleks yang dinamakan refleks Bezold-Jarisch (sesuai nama penemunya). Efeknya, frekuensi detak jantung berbalik menjadi lambat, pembuluh darah tepi melebar, dan kemudian terjadi tekanan darah rendah (hipotensi) sehingga aliran darah ke susunan saraf terganggu. Di sinilah sinkop terjadi.

Namun untuk menentukan diagnosis, pada umumnya dokter menganjurkan pemeriksaan tilt test, di mana hasil tes dapat digunakan sebagai acuan pemeriksaan lebih lanjut bila diperlukan.
Mencegah pingsanUntuk mencegah agar jangan sampai pingsan, sewaktu gejalanya terasa masih ringan misalnya baru terasa berdebar-debar, coba sedikit gerak-gerakkan tungkai atau kaki, sambil sekali-kali batuk kecil. Adakalanya cara tersebut dapat dibantu lagi dengan mengalihkan perhatian kita sesaat. Misalnya kalau sedang berada dalam suatu upacara perhatikanlah peserta lain di depan kita satu per satu, mengingat-ingat kejadian menyenangkan yang pernah kita alami, menggumamkan lagu kesayangan atau lagu mars pembangkit semangat Anda.
Kalau dengan cara tersebut gejala tidak juga berkurang, tetapi malah mulai mengeluarkan keringat dingin ditambah kepala terasa melayang, apa boleh buat! Lebih baik Anda langsung jongkok, duduk, atau mundur mencari tempat berbaring agar tungkai dapat dinaikkan lebih tinggi dari kepala. Biasanya dalam waktu singkat akan terasa lebih nyaman dan pulih kembali. Apalagi kalau ditambah dengan minuman segar.

Sebaliknya, kalau kita harus menolong orang yang pingsan, menurut Panduan Kesehatan Keluarga, 1996 (Yayasan Essentia Medica) sebaiknya lakukan tip praktis berikut ini. Baringkan penderita di tempat tidur dengan kepala dimiringkan. Hati-hatilah agar posisi kepala jangan ditinggikan.

Bila penderita berada di kursi, dorong kepala ke bawah serendah mungkin di antara kedua lutut. Longgarkan pakaian yang ketat agar aliran darahnya tak terganggu. Bila perlu, teteskan air dingin di kening atau leher untuk mempercepat pulihnya kesadaran. Jangan memberikan apa pun lewat mulut apabila penderita belum sadar. Panggil dokter terdekat atau ambulans bila tidak kunjung sadar.
Karena kerah baju ketatHipersensitivitas vagus dapat juga berupa sinkop sinus karotis, yakni jatuh pingsan bukan dicetuskan oleh sikap berdiri yang lama tetapi saat menoleh mendadak. Ini bisa terjadi bila penderita mengenakan baju berkerah tinggi terlalu ketat, sehingga gerakan kepala menyebabkan penekanan pada sinus karotis yang terletak pada leher samping agak ke depan. Hal ini bisa mengakibatkan detak jantung melambat dan menimbulkan sinkop.
Jika dilakukan pemeriksaan elektro-fisiologi (pemeriksaan aktivitas listrik jantung) pada penderita, umumnya terlihat fungsi listrik jantung bekerja dalam batas normal. Hanya saja adanya manipulasi ringan berupa penekanan leher di daerah sinus karotis tadi tampak berupa garis datar pada layar monitor. Artinya, terjadi gangguan aktivitas atau hantaran listrik saat dilakukan manipulasi tadi.
Untuk mencegah jangan sampai mengalami hal tersebut, hindari penggunaan kerah baju yang terlalu ketat dan jangan memijat daerah leher atau hal lain lagi yang menyebabkan tekanan pada sinus karotis.

Penampilan lain lagi yang langka dari hipersensitivitas vagus adalah paroxysmal sinus arrest. Di sini sumber listrik utama jantung adakalanya mengalami penghentian (pause) selama 6 - 23 detik tanpa adanya faktor pencetus yang jelas. Kejadian ini bisa saat tidur maupun saat aktif, siang atau malam, dengan akibat hampir pingsan atau pingsan (presinkop atau sinkop). Di sini hasil pemeriksaan dengan elektrofisiologi terhadap sumber listrik jantung pun menunjukkan normal, tapi pada umumnya pengobatan diarahkan pada penggunaan alat pacu jantung permanen yang ditanamkan di bawah kulit dada penderita.
Untuk mencegah terjadinya sinkop yang bukan karena kelainan jantung tadi, antara lain dengan berolahraga seperti joging, bersepeda, berenang, atau melakukan olahraga dinamis yang menguatkan otot tungkai.
Kalau sinkop jelas disebabkan oleh kelainan jantung tentu Anda diajurkan berkonsultasi dengan dokter jantung agar dilakukan pemeriksaan lebih saksama dan pengobatan yang lebih tepat.
(dr. Hary Utomo Muhammad, DSJP, Jakarta)

[Health] Tips Mendapatkan Betis Kuat dan Indah

Publikasi: 27/01/2005 10:53 WIB
Source: www.eramuslim.com

eramuslim - Betis kuat, ternyata tidak harus melulu dihiasai dengan guratan urat-urat di permukaan kulit. Dengan cara latihan yang benar, otot betis tidak hanya mampu menampilkan penampilan betis menjadi lebih indah dan berisi, tapi juga menghindari pergelangan kaki dari terkilir.
Bagi olahragawan yang berkecimpung di bidang atletik, mereka sangat mahfum dengan manfaat otot betis. Selain memperbaiki kemampuan kecepatan melangkah dan melompat. Juga, mampu membentuk betis lebih baik sehingga tidak terlihat seperti kaki ayam.

Sebelumnya, orang-orang yang ingin memiliki betis indah dan kuat kerap melakukan latihan calf raises di mesin latihan, berdiri di atas ujung jari kaki dengan mengangkat beban seberat 200 kg di bahu. Mereka lupa, bahwa betis kita dirancang bukan untuk mendorong dan menahan beban. Tapi, justru dirancang untuk mendorong dan menahan beban tubuh sendiri.
Padahal, ada latihan yang lebih baik dan efektif, yaitu dengan menggunakan tanjakan. Latihan sederhana ini memang sesuai dan cocok untuk diterima otot betis yang lebih kecil daripada otot paha.

"Semua gerakan menanjak yang memaksa anda bergerak menggunakan ujung jari kaki anda akan menumbuhkan otot pada betis anda," kata Jack Daniels Ph.D, seorang psikolog dan pelatih lari di SUNY Cortland College di New York.
Menurut Daniels, sebaiknya masukkan bukit dan tanjakan dalam rute jogging mingguan. Selain membakar lemak, berlari di atas tanjakan juga membantu para bodybuilder menjadi iri melihat betis anda yang indah dan kuat.
Kalau malas berlari di alam terbuka dan mempunyai treadmill di rumah itu pun sudah memadai. Hanya saja, setelan di treadmill harus dirubah. Pasang elevansinya ke sekitar 20 persen dan lari secepat 9 km/jam selama 30 detik, setelah itu istirahat selama 30 sampai 60 detik.
"Pastikan saja bahwa anda berlari di atas ujung jari kaki anda pada setiap langkah yang anda ambil," nasehat Daniels. "Dan, jangan lari dengan kaki anda datar dengan lantai."
Tetaplah berlari selama 5 menit, lalu coba tingkatkan durasinya ke 10 menit untuk memperkuat betis dan meregangkan otot achilles di ujung kaki.

Kalau berlari menanjak menjadi mudah, lelahkan dulu betis dengan cara 'high knee raises' lari di tempat hanya dengan menggunakan ujung jari kaki. Cara ini memang sangat mudah, tapi sungguh menyiksa bagi yang belum terbiasa.
Lalu, angkat lutut setinggi-tingginya dalamsetiap langkah yang diambil dan jangan sampai ujung tumit menyentuh lantai. Lakukan cara ini selama 30 detik dan istirahat selama 5 sampai 10 menit.
"Dan kalau anda ingin tetap mampu berjalan keesokan harinya, jangan lupa melakukan peregangan setelah latihan selesai," ujar Daniels memberi saran. (to/menshealth)

Sunday, February 06, 2005

[My Pics] Dinner at Nikko Hotel KL

Six Sigma Black Belt gathering at Nikko Hotel, KL, Malaysia
Antonius Arif Dwi Widodo (Right), M. Ferry Rosadi (Left)

[My Pics] at KLIA

Har at KLIA after Asia Region - Six Sigma Black Belt Contest