HAR Personal Notes

Monday, February 07, 2005

[Health] Tips Mendapatkan Betis Kuat dan Indah

Publikasi: 27/01/2005 10:53 WIB
Source: www.eramuslim.com

eramuslim - Betis kuat, ternyata tidak harus melulu dihiasai dengan guratan urat-urat di permukaan kulit. Dengan cara latihan yang benar, otot betis tidak hanya mampu menampilkan penampilan betis menjadi lebih indah dan berisi, tapi juga menghindari pergelangan kaki dari terkilir.
Bagi olahragawan yang berkecimpung di bidang atletik, mereka sangat mahfum dengan manfaat otot betis. Selain memperbaiki kemampuan kecepatan melangkah dan melompat. Juga, mampu membentuk betis lebih baik sehingga tidak terlihat seperti kaki ayam.

Sebelumnya, orang-orang yang ingin memiliki betis indah dan kuat kerap melakukan latihan calf raises di mesin latihan, berdiri di atas ujung jari kaki dengan mengangkat beban seberat 200 kg di bahu. Mereka lupa, bahwa betis kita dirancang bukan untuk mendorong dan menahan beban. Tapi, justru dirancang untuk mendorong dan menahan beban tubuh sendiri.
Padahal, ada latihan yang lebih baik dan efektif, yaitu dengan menggunakan tanjakan. Latihan sederhana ini memang sesuai dan cocok untuk diterima otot betis yang lebih kecil daripada otot paha.

"Semua gerakan menanjak yang memaksa anda bergerak menggunakan ujung jari kaki anda akan menumbuhkan otot pada betis anda," kata Jack Daniels Ph.D, seorang psikolog dan pelatih lari di SUNY Cortland College di New York.
Menurut Daniels, sebaiknya masukkan bukit dan tanjakan dalam rute jogging mingguan. Selain membakar lemak, berlari di atas tanjakan juga membantu para bodybuilder menjadi iri melihat betis anda yang indah dan kuat.
Kalau malas berlari di alam terbuka dan mempunyai treadmill di rumah itu pun sudah memadai. Hanya saja, setelan di treadmill harus dirubah. Pasang elevansinya ke sekitar 20 persen dan lari secepat 9 km/jam selama 30 detik, setelah itu istirahat selama 30 sampai 60 detik.
"Pastikan saja bahwa anda berlari di atas ujung jari kaki anda pada setiap langkah yang anda ambil," nasehat Daniels. "Dan, jangan lari dengan kaki anda datar dengan lantai."
Tetaplah berlari selama 5 menit, lalu coba tingkatkan durasinya ke 10 menit untuk memperkuat betis dan meregangkan otot achilles di ujung kaki.

Kalau berlari menanjak menjadi mudah, lelahkan dulu betis dengan cara 'high knee raises' lari di tempat hanya dengan menggunakan ujung jari kaki. Cara ini memang sangat mudah, tapi sungguh menyiksa bagi yang belum terbiasa.
Lalu, angkat lutut setinggi-tingginya dalamsetiap langkah yang diambil dan jangan sampai ujung tumit menyentuh lantai. Lakukan cara ini selama 30 detik dan istirahat selama 5 sampai 10 menit.
"Dan kalau anda ingin tetap mampu berjalan keesokan harinya, jangan lupa melakukan peregangan setelah latihan selesai," ujar Daniels memberi saran. (to/menshealth)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home